Monument Jendral Sudirman

Masih ingat dengan nama-nama pahlawan di indonesia ????  hayo coba sebutkan salah satu nama pahlawan indonesia yang menerapkan perang dengan taktik gerilya. siapa bisa? ,,,,,nah bener banget ,dia adalah pang lima besar jendral sudirman.
kali ini saya akan bercerita tentang sedikit monument jendral sudirman yang berada di pacitan, atau lebih tepatnya di desa pakis baru,nawangan kabupaten pacitan. Dan monument ini secara langsung diresmian oleh bapak presiden SBY. Sebelum ke cerita monument,,saya akan sedikit memberi tahu untuk biaya masuk ke monument adalah seiklasnya, berhubung waktu itu saya kesananya dengan teman yang penduduk asli di desa pakis sehingga masuknya gratis dech,hanya mengisi buku tamu.
well, langsung aja ya!
monument jendral sudirman
Mengapa di bangun monument jendral sudirman ini? karena di desa pakis inilah Panglima Besar Jendral Sudirman bersembunyi.  Nah tepatnya di belakang monument ini (sekitar 2 km dr monument patung besar ) ada sebuah rumah dengan pemiliknya yang bernama Mbah Karsosoemito, dia adalah seorang bayan/kepala desa di dusun sobo. Panglima Besar jendral Sudirman ini bersembunyi selama perang gerilya di rumah mbah karsosoemito selama 3 bulan 28 hari, sejak tanggal 1 april 1949 sampai  7 juli 1949.
Coba aja dech,bayangkan betapa besar pejuangan panglima besar jendral sudirman karena untuk sampai didesa ini kita harus melewati jalan yang berkelak-kelok dan berbukit-bukit karena notabannya desa ini dahulunya adalah hutan. Dan sekarang sudah menjadi sebuah desa yang cukup besar dan jalan-jalan pun mulai diperbaiki,ada istilahnya dengan babat alas" untuk desa ini. 
monument jendral sudirman 1

Susunan tangga yang mempunyai arti!
45 anak tangga
Jika kalian menginjakan kaki di sini ,dan ketika kalian menaiki tangga disini jangan lupa untuk menghitung anak tangga pada tiap bagian terasnya.  "tangga pertama berjumlah 45 yg berarti tahun 1945 tangga ke dua berjumlah 8 yg berarti bulan agustus tangga ke tiga berjumlah 17 yg berarti tanggal 17 saya blm mudeng tggl proklamasi itu dg jendral sudriman,, ato memiliki arti bahwa jendral sudirman mempunyai peran sangat penting dalam kemerdekaan indonesia yang diproklammasikan pada 17 agustus 1945. "


ilustrasi perjuangan jendral sudirman

silahkan berkunjung ketempat ini,,,murah meriah ,banyak ilmu dalam tempat ini dan tempatnya sejuk dan pemandangan yang indah.





 

Komentar

  1. Selamat. Menulislah terus. Namun tolong perhatikan betul penggunaan EYD. Penulis yang baik, salah satunya menguasai betul EYD atau kaidah-kaidah penulisan yang lain :-)

    BalasHapus
  2. siap dan terimakasih masukanya..ini adalah awal saya mencoba menulis. terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar