Telaga Sarangan

Telaga Sarangan

Telaga Sarangan adalah salah satu obyek wisata andalan di kabupaten Magetan. Telaga sarangan ini terletak di perbatasan jawa tengah dan jawa timur tepatnya di kecamatan plaosan, kabupaten magetan, jawa timur.
Telaga Sarangan atau sering juga disebut telaga pasir. Pada telaga sarangan ini terdapat sebuah pulau kecil, menurut penduduk setempat pulau itu adalah tempat bersemayamnya Kyai/Nyai Pasir. Kyai dan Nyai Pasir ini adalah pasangan suami istri yang sudah lama menikah,akan tetapi mereka belum mendapatkan seorang keturunan. Pada akhirnya Kyai/Nyai Pasir tersebut melakukan bertapa kepada Tuhan untuk mendapatkan seorang keturunan anak laki-laki yang diberi nama "Jaka Lenglung". Mereka bertahan hidup dengan cara bercocok tanam di ladang, karena Kyai/Nyai Pasir merasa hidupnya sangat susah, pada akhirnya mereka melakukan bertapa lagi untuk meminta panjang umur dan kesejahteraan. Dalam bertapanya Kyai/Nyai Pasir mendapat bisikan harus menemukan sebuah telur diladang mereka. Untuk dapat mewujudkanya mereka harus memakan telur tersebut. Setelah mereka selesai melakukan semedi,mereka pun melanjutkan aktivitas mereka diladang. Dipertengahan mereka bekerja, merekapun menemukan sebuah telur. Mereka membawa telur itu pulang dan memasaknya untuk dimakan. Setelah mereka memakan telur tersebut, kulit keduanya terasa gatal dan menggaruknya hingga terluka dan mereka mengguling-guling ditanah hingga meninggalkan bekas sebuah cekungan yang mengeluarkan air. Tak lama kemudian Kyai/Nyai Pasir menjelma menjadi sepasang naga yang sangat besar. Dan si Jaka Lenglung pun mengetahui hal tersebut dan mengetahui niat buruk kedua orang tuanya yang ingin menenggelamkan gunung lawu. Pada akhirnya si Jaka Lenglung pun melakukan bertapa untuk meminta agar keinginan kedua orang tuanya pun tidak terwujud. Dan keinginan Kyai/Nyai Pasir pun tidak terwujud.  Dan merekapun berhenti berguling-guling ditanah. Dan akhirnya cekungan yang terbentuk itu terpenuhi oleh air yang keluar dari tanah tersebut. Dan cekungan ini diberi nama "Telaga Pasir atau Telaga Sarangan". 
telaga sarangan 2

By the way, kalau kalian pingin jalan-jalan kesini jangan lupa mampir ke telaga wahyu dan air terjun pundak kiwo. Lokasi keduanya tidak jauh dari telaga sarangan. Sedikit info jika bulan januari kondisi cuaca di daerah ini tidak cukup baik untuk berwisata karena selama 40 hari didaerah ini akan terjadi angin besar. Dan Banyak toko-toko disekitar tutup.

^_*

Komentar

Posting Komentar